logo blog
Terima Kasih
Telah mengunjungi www.mobildunia.blogspot.com
Blog tentang otomotif, selengkapnya tantang blog ini silahkan baca pada About Me

Cara Merawat Spare Part

mobildunia.blogspot.com - Merawat mobil adalah hal yang sangat penting bagi seseorang yang memiliki mobil agar perfprmanya tetap prima. Pemilik mobil harus melakukan perawatan mobil secara rutin dan berkala sesuai petunjuk yang diberikan oleh diler. Perawatan bisa dilakukan sendiri ataupun diserahkan kepada teknisi bengkel mobil. Untuk perawatan ringan dapat dilakukan sendiri, akan tetapi untuk perawatan yang berhubungan dengan teknis dan mesin harus diserahkan kepada ahlinya, yaitu bengkel yang telah direkomendasikan untuk jenis mobil tersebut.

Perawatan yang sering dilakukan di antaranya adalah perawatan spare part seperti karburator, kampas rem,kaca spion, spooring, dan balancing. Perawatan mobil adalah suatu hal yang wajib dan harus selalu dilakukan  oleh setiap pemilik kendaraan dengan teratur. Hal ini dilakukan untuk menjaga spare part mobil menjadi lebih awet dan ini akan berpengaruh pada performa kendaraan. Selain teratur, perawatan  spare part ini harus dilakukan dengan teliti  apalagi untuk spare part yang berhubungan langsung dengan mesin mobil.

Cara Merawat Spare Part

Pengecekan terhadap spare part mobil secara berkala harus selalu dilakukan dengan teliti oleh pemilik kendaraan. Dengan perawatan yang rutin, maka akan dapat menghemat biaya, karena kerusakan akan terdeteksi lebih dini sehingga tidak menjadi lebih parah yang dapat mengakibatkan kerusakan vatal, sehingga dapat menimbulkan kerugian sekaligus biaya yang besar. Untuk menghindari hal itu, berikut ini kami sajikan beberapa tips perawatan yang mungkin akan berguna.

Pemilik kendaraan harus mengerti dan tahu betul tentang spare part mobil, paling tidak dapat membedakan antara spare part yang orisinil dan imitasi, sehingga tidak salah pilih dalam membelinya. Setiap akan menggunakan kendaraan, terlebih dahulu untuk mengecek semua peralatan, apakah berfungsi sebagaimana mestinya atau tidak. Ini memerlukan kepekaan pemilik kendaraan terhadap mobilnya. Pemilik kendaraan harus bisa merasakan tentang keadaan mobilm]nya, apakah ada kejanggalan atau tidak, apakah ada kerusakan atau tidak?

Merawat lebih baik dari pada memperbaiki, untuk itu pemilik kendaraan harus rutin sesuai jadwal untuk membawa mobilnya ke bengkel yang direkomendasikan, agar kerusakan mobil dapat terdeteksi lebih awal, sehingga tidak menjadi parah. Teknisi akan menunjukkan mana-mana spare part yang harus di ganti. Datang ke bengkel mobil juga bisa digunakan untuk memahami jenis-jenis spare part mobil yang penting untuk kendaraan. Sekaligus mengetahui bagaimana baiknya dalam mengganti spare part mobil, atau meminta saran kepada teknisi kapan spare part harus diganti.

Pemilik kendaraan harus selalu memakai spare part yang orisinil. Penggunaan spare part yang murahan dan imitasi akan merugikan pemilik kendaraan, selain akan cepat rusak, kemungkinan besar spare part tersebut tidak cocok untuk mobil kita, yang akibatnya akan dapat merusak spare part lainnya yang berhunbungan dengan spare part tersebut. Karena keselamatan pengendara juga dipengaruhi oleh penggunaan spare part yang tidak tepat.
Yang tidak kalah penting adalah penempatan mobil ketika parkir dan penyimpanannya di rumah, yaitu upayakan agar terhindar dari sengatan terik matahari secara langsung, karena dapat merusak cat mobil.
Demikian tips perawatan mobil sederhana, semoga bermanfaat bagi anda.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Powered by Blogger.