logo blog
Terima Kasih
Telah mengunjungi www.mobildunia.blogspot.com
Blog tentang otomotif, selengkapnya tantang blog ini silahkan baca pada About Me

Jenis Jenis Rangka Mobil Kendaraan Bermotor

Jenis Jenis Rangka Mobil Kendaraan Bermotor - Salah satu bagian kendaraan yang sangat penting adalah rangka. Untuk bisa berdiri kokoh, sebuah kendaraan harus memiliki rangka yang kuat. Rangka kendaraan memiliki jenis dan bentuk yang berbeda-beda tergantung tipe kendaraannya, misalnya truk, bus, sedan, minibus, kapsul, SUV, dll.

Berdasarkan bentuknya, rangka kendaraan dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu:
1. Rangka bentuk H
2. Rangka perimeter
3. Rangka bentuk X
4. Rangka bentuk tulang punggung atau backbone
5. Rangka bentuk lantai platform frame

Berikut ini penjelasan mengenai jenis-jenis rangka kendaraan bermotor berdasarkan bentuknya:

Jenis Jenis Rangka Mobil Kendaraan Bermotor
  1. Rangka Bentuk H. Rangka bentuk H konstruksinya sangat sederhana, mudah dibuat, banyak digunakan untuk kendaraan bus, truck.
  2. Rangka Perimeter. Rangka perimeter merupakan penyempurnaan bentuk H, bodi menempel pada pinggir rangka sehingga posisi lantai dapat diturunkan. Penurunan lantai kendaraan akan menurunkan titik pusat berat kendaraan dan tinggi kendaraan berkurang sehingga pengemudian mantap, ruang penumpang menjadi lebih leluasa, banyak digunakan untuk sedan.
  3. Rangka Bentuk X. Rangka bentuk X adalah konstruksi rangka balok yang terdiri atas dua batang rangka utama berbentuk balok memanjang disatukan dibagian tengah. Tempat pertautan dengan bodi dan pintu dapat dibuat rendah sehingga memudahkan keluar-masuk kendaraan, kuat terhadap putaran, digunakan untuk sedan tipe lama.
  4. Rangka bentuk Tulang Punggung atau Back Bone. Rangka bentuk tulang punggung adalah konstruksi rangka yang merupakan rangka model tunggal, bagian tengah memikul beban (punggung) dan lengan yang menonjol sebagai pemegang bodi. Konstruksi rangka semacam ini juga memungkinkan titik pusat berat kendaraan dibuat lebih rendah. Konstruksi rangka model ini sering digunakan untuk mobil penumpang dan truck.
  5. Rangka Model Lantai atau Platform Frame. Rangka model lantai bodi dan rangkanya dilas menjadi satu, sehingga merupakan bentuk yang diintegrasikan, memungkinkan ruang interior dibuat luas. Kelebihan lain penggunaan konstruksi rangka model ini adalah memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap bengkokan dan puntiran.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 comments:

banyak yang belum sadar bahwa Asuransi motor sangat lah penting, untuk kendaraan pribadi karena di jaman ini banyak sekali kasus pencurian bermotor yang tidak segan membunuh sang pemilik

Balas

Powered by Blogger.